Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahai Penghuni Kos, Waspadai Kriminalitas selama Ramadhan

Kompas.com - 09/06/2016, 09:23 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Malang Kota Ajun Komisaris Polisi Tatang Prajitno Panjaitan meminta masyarakat mewaspadai aksi kriminalitas di bulan Ramadan ini. Salah satu tempat yang menjadi incaran kejahatan adalah rumah indekos.

"Saat-saat seperti ini rumah kos kerap jadi incaran pelaku kejahatan. Jadi kami harapkan anak kos berhati-hati. Jangan meninggalkan barang berharga di rumah kos dan pastikan rumah kos terjaga ketika ditinggal, terutama ditinggal mudik," kata Tatang seperti dikutip Surya Online, Rabu (8/6/2016).

Surya Online melaporkan, belum lama ini terjadi ada dua kasus kejahatan dengan modus menghipnotis anak-anak kos. Peristiwa itu terjadi di Kecamatan Lowokwaru, yakni di Kelurahan Kendalsari dan sekitar Jalan Soekarno-Hatta.

Pelaku seorang perempuan yang mengaku sebagai penghuni baru indekos. Ia menyapa penghuni lain, kemudian menawarkan semangka.

Setelah itu, pelaku meminjam motor anak kos dan membawanya kabur.

Tatang mengatakan, berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, terjadi kenaikan kejadian tindak kejatahan selama awal puasa. Tempat yang disasar antara lain rumah warga, pasar, pusat perbelanjaan, hingga jalan raya.

"Biasanya awal puasa, minggu pertama sampai ketiga itu terjadi kenaikan. Trennya cenderung begitu, tetapi di minggu keempat nol. Hal ini saya temukan di beberapa tempat," ujar Tatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com