Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampah Plastik Berserakan akibat Gelombang Tinggi di Pantai Parangtritis

Kompas.com - 09/06/2016, 08:56 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Gelombang tinggi di sepanjang pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (8/6/2016) kemarin, menyisakan sampah di bibir Pantai Parangtritis, Bantul, Kamis (9/6/2016) pagi.

Sampah-sampah tersebut terbawa banjir rob yang terjadi dari siang hingga malam hari kemarin. Sampah yang berserakan di kawasan area pantai tersebut sebagian berupa plastik.

Pagi ini, sejumlah pekerja tampak sedang membersihkan area Pantai Parangtritis. Dodik, salah satu petugas kebersihan menyebutkan, sampah kali ini merupakan yang terbanyak dibanding hari-hari sebelumnya.

"Ini biasanya saya juga bersih-bersih, tapi enggak sebanyak ini. Hari ini sampahnya banyak karena terbawa banjir rob semalam," kata Dodik.

Sejumlah wisatawan mulai mengunjungi kawasan wisata itu sejak pukul 06.30 WIB. Muda-mudi mulai bermain di bibir pantai. Ada pula pengunjung yang datang bersama anggota keluarga.

Sidik (27), warga Jetis, Bantul, misalnya, datang bersama keluarganya untuk mencari udara segar.

"Pingin main saja. Saya walaupun rumahnya deket, tapi jarang ke sini. Sengaja saya bawa anak dan istri saya buat refreshing," kata Sidik.

Sidik tahu bahwa gelombang tinggi bisa saja terjadi lagi pagi ini. Maka itu, ia selalu waspada terhadap kemungkinan naiknya muka air laut. (Arfiansyah Panji Purnandaru/Tribun Jogja)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com