Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Bandung Demokratis, Membangun Kota Ini Tak Hanya dari Pemkot

Kompas.com - 28/05/2016, 13:19 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sangat terkesan dengan para finalis sayembara 'Andai Aku Jadi Wali Kota', yang telah berpartisipasi membuat gagasan inovatif untuk pembangunan Kota Bandung.

Menurut dia, lomba tersebut menjadi bukti bahwa proses pembangunan Kota Bandung tak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga muncul dari ide kreatif masyarakat.

"Poinnya di Bandung ini sangat demokratis membangun kota ini tidak hanya dari Pemkot tapi dari warga," kata Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jum'at (27/5/2016) malam.

(Baca juga: Ini Tiga Dasar Ridwan Kamil Somasi Pengelola Kebun Binatang Bandung)

Ia mengatakan, Indonesia adalah negeri yang indah dengan sejuta masalah. Oleh karena itu, kata Emil, perlu ada inovasi baru untuk memecah permasalahan negeri.

"Manusia yang baik kan mengkritik dan memberi solusi kalau hanya mengkritik tanpa solusi anak kecil juga bisa," ucapnya.

(Baca juga: Ridwan Kamil Minta Konsultasi kepada Mendagri soal Efektivitas Perda Miras)

Pria yang akrab disapa Emil itu mengapresiasi para peserta yang telah berpartisipasi dalam sayembara "Sehari Jadi Wali Kota", khususnya bagi para peserta yang datang dari luar Bandung.

"Menunjukan mereka banyak ide tapi mungkin di kota mereka tidak tersalurkan sehingga mem-posting ke kota yang punya platform digital," ujar Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com