Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Penumpang Asing AirAsia Lolos dari Pemeriksaan Imigrasi Ngurah Rai

Kompas.com - 18/05/2016, 10:17 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com — Jonathan Derwen, warga negara Selandia Baru, yang melakukan perjalanan internasional AirAsia QZ 509 dengan rute Singapura-Denpasar, lolos dari pemeriksaan petugas Imigrasi.

Hal itu disebabkan kesalahan penjemputan oleh APB AirAsia. Jonathan yang masuk dalam 48 penumpang penerbangan internasional malah diantarkan ke terminal domestik.

"Pesawat landing tanggal 16 Mei 2016 pukul 23.54 Wita di Bandara Ngurah Rai. Data penumpang berdasarkan manifestasi 155 orang dengan perincian 151 orang dewasa, 3 anak-anak, dan 1 bayi," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Yusfandri Gona, dalam konferensi pers, Rabu (18/5/2016).

Yusfandri menjelaskan, telah terjadi kesalahan sopir bus APB AirAsia, yaitu menurunkan 48 penumpang penerbangan internasional ke terminal domestik. Namun, para penumpang kembali dinaikkan ke bus APB tersebut atas perintah petugas Avsec Bandara untuk menuju kedatangan internasional.

"Satu orang sudah telanjur keluar dari gedung terminal domestik atas nama Jonathan Derwen, kebangsaan Selandia Baru," katanya.

Selang sekitar 12 jam, yaitu dari landing pesawat pukul 23.54 Wita hingga pukul 12.59 Wita, Jonathan baru melapor ke kantor Imigrasi Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai untuk stamp immigration clearance.

Jonathan ini ternyata bukan kali ini berkunjung ke Bali. Artinya, dia sudah tahu bagaimana prosedurnya jika memasuki negara lain. Jika ada kesalahan teknik petugas, kenapa baru 12 jam melapor ke Imigrasi?

Jonathan, kata Yusfandri, beralasan istirahat dulu di hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com