Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Sakit dan Kelaparan, 2 Bocah Telantar Itu Kini Bermain Gembira

Kompas.com - 08/05/2016, 10:47 WIB
Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Setelah sempat jatuh sakit tanpa ada yang mendampinginya, dua bocah telantar, Tiara (10) dan adiknya, Citra (8) yang dipindahkan polisi ke rumah penitipan anak, Trauma Center Polewali Mandar, Sulawesi Varat, kini kondisinya mulai pulih.

Tiara dan Citra tampak mulai ceria dan menikmati berbagai permainan di tempat barunya. Tiara dan Citra yang dijenguk keluarga besar Polres Polman bersama ibu-ibu Bayangkari pada Sabtu malam (7/5/2016) tampak gembira dan bercengkrama dengan petugas. Keduanya diberi hadiah baju dan buku-buku serta peralatan sekolah lainnya.

Citra dan Tiara mengaku senang tinggal di tempat barunya dan menolak dikembalikan ke rumah.

“Senang tinggal di sini banyak mainan, ada teman,” kata Citra.

Sebelumnya, aktivis peduli anak dan warga yang bersimpati bergantian mendatangi Trauma Centre tempat Tiara dan Citra dirawat. Mereka datang untuk menghibur dan memberi semangat kepada kedua bocah malang ini.

Lili, salah seorang pengurus dari rumah Trauma Center menjelaskan, selama dua hari dalam penanganan pihaknya, kedua bocah yang mengalami trauma psikis ini mulai kembali ceria setelah disuguhi aneka permainan dan kegiatan bersifat edukatif seperti menggambar, membaca dan menulis.

Menurut Lilim dari pengalamannya berinteraksi dengan kedua bocah ini, Tiara dan adiknya selalu terobsesi untuk menggambar atau melukis suasana alam dan kebersamaan dengan ayahnya.

Namun Lili mengaku lega karena selama dalam penanganan, keduanya menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Jika semual tampak murung dan tak bergairah, kini mereka mulai tampak ceria dan bermain.

“Alhamdulillah setelah beberapa hari berinteraksi di tempat barunya, Tiara dan Citra mulai tampak ceria dan senang bermain. Kita berharap ke depan akan lebih baik,” harap Lili.

Wakapolres Polewali Mandar, Kompol Helda Prayitno yang langsung datang melihat kondisi Tiara dan Citra turut bangga dan lega dengan kondisi kedua bocah setelah semua pihak turun tangan melakukan apa saja untuk membantu pemulihan kondisi fisik dan psikis kedua bocah perempuan tersebut.

“Kita senang karena waktu dijemput dan dievakuasi dari rumahnya ke Truma Center, kondisi salah satu bocah ini sedang jatuh sakit. Tapi alhamdulillah kini sudah mulai pulih dan keduanya tampak senang bermain di tempat barunya,” ujar Kompol Helda.

Sakit dan lapar

Tiara dan Citra ditemukan dalam kondisi sakit dan kelaparan. Dia hanya makan pisang mentah pemberian warga.

Kedua bocah itu tinggal di rumah bekas bengkel las tempat keduanya tinggal bersama adiknya di Jalan Pangiu sekitar 100 meter dari kantor lurah dan hanya berjarak beberapa meter dari Puskesmas Massenga Polewali Mandar.

Sejak hampir dua bulan ditinggalkan ayahnya, kedua bocah ini mengaku hanya makan pisang karena sudah lama kehabisan beras. Kedua bocah in mengaku ayahnya pamit keluar kota untuk dua hari, namun hingga menjelang dua bulan, sang ayah tak kunjung pulang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com