Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos: "Warning System" Kekerasan Seksual Dimulai dari RT/RW

Kompas.com - 07/05/2016, 14:37 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Berkaca pada kasus kekerasan seksual yang dialami oleh siswi SMP berinisial Yn di Bengkulu, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa meminta orangtyua waspada. Khofifah berharap warga di tingkat Rukun Tetangga (RT) saling peduli.

"Artinya kekerasan terhadap anak, baik fisik maupun seksual, sebetulnya kita harus punya alarm atau warning system. Kembali warning ke kita semua dan siystemnya mesti disiapkan dari lini paling bawah, yaitu RT dan RW," kata Khofifah, Sabtu (7/5/2016).

DIa menambahkan, sebenarnya beberapa waktu yang lalu Menteri Dalam Negeri sudah menyurati bupati dan walikota se Indonesia agar dari tingkat paling bawah yaitu RT dan RW agar dibentuk tim kepedulian sosial.

"Masyarakat diminta agar tidak meremehkan terhadap apa yang mengganggu anak dan perempuan, bahkan jangan meremehkan apa yang mengganggu masyarakat," tambahnya.

Dalam kunjungannya di Pekalongan dalam rangka Bimbingan dan Pemantapan Program Keluarga Harapan (PKH), Khofifah membagikan puluhan kursi roda, kaki palsu, serta bantuan kepada pelajar berprestasi. Dia lalu melanjutkan acara pelantikan pengurus cabang muslimat NU di Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Pemalang.

 

Kompas TV Mensos Minta Pelaku Kejahatan Seksual Dikebiri

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com