Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Puncak Arus Mudik Libur Panjang di Terminal Bungurasih

Kompas.com - 04/05/2016, 16:28 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sehari menjelang libur panjang, Rabu (4/5/2016), terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya diserbu ribuan calon penumpang bus. Diperkirakan akan ada 60.000 calon penumpang yang sebagian besar akan ke pulang kampung dengan bus hingga malam nanti.

"Puncaknya sampai nanti malam hari karena hari ini hari terakhir kerja sebelum long weekend, libur hari besar Isra Miraj dan Kenaikan Isa Al Masih," kata Kepala Terminal Purabaya May Ronald, Rabu.

Jumlah penumpang kali ini naik dua kali lipat dari jumlah penumpang setiap akhir pekan yang mencapai 30.000 penumpang.

Penumpang yang pulang kampung hari ini merupakan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) jurusan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) biasanya pada Jumat dan Sabtu nanti karena jaraknya tidak terlalu jauh," kata May.

Selain menyediakan bus reguler dengan rute AKAP dan AKDP, pengelola terminal menyiagakan bus cadangan sebagai antisipasi meledaknya jumlah penumpang.

Jumlah angkutan bus reguler Terminal Purabaya mencapai lebih dari 400 bus setiap hari.

Pantauan Kompas.com pada Rabu siang, pemudik mulai memadati Terminal Purabaya. Sejumlah instansi memasang tenda khusus untuk pelayanan kesehatan penumpang bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com