Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usul "Wajan Raksasa" di Kutoarjo Masih Misterius

Kompas.com - 01/05/2016, 07:48 WIB
Kompas TV Ada Wajan Raksasa?

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Hingga saat ini, asal-usul wajan raksasa yang ditemukan di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah, masih belum diketahui. Ukuwan wajan tersebut menarik perhatian karena bisa muat 15-20 manusia dewasa.

Benda berbentuk alat masak tetapi dengan ukuran jauh lebih besar itu ditemukan di bawah tanah dekat SD Nasional Indonesia, Jl MT Haryono, Kutoarjo, Kamis (28/4/2016).

Warga tak sengaja menemukannya saat melakukan penggalian untuk renovasi rumah milik warga bernama Widodo.

Menurut keterangan Sugeng, tetangga belakang rumah dari Widodo, sebelum dibeli oleh Widodo, rumah tersebut sudah kosong lebih kurang 3 tahun.

"Rumah tersebut ada di depan rumah saya. Sebelumnya sudah kosong lebih kurang 3 tahun dan akhirnya dibeli Pak Widodo. Setelah mau direnovasi, dilakukan penggalian, dikeduk, ternyata ditemukan wajan besar itu," jelas Sugeng kepada Tribun Jogja.

Sejak temuan wajan raksasa tersebut, banyak orang berdatangan ke rumah Pak Widodo untuk melihatnya secara langsung. 

Namun, ketika dikonfirmasi lebih lanjut mengenai asal-usul dari wajan tersebut, Sugeng mengaku tak mengetahuinya secara pasti.

"Saya kurang tahu juga itu asalnya dari mana dan kenapa bisa sebesar itu. Karena saya juga tidak pernah mendengar cerita mengenai lokasi di tempat daerah saya tinggal apakah merupakan bekas dari zaman apa, saya juga tidak mengetahui pastinya," ujarnya. (Rona Rizkhy Bunga Chasana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com