Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ibu di Lampung Serentak Menyusui Anaknya

Kompas.com - 24/04/2016, 11:06 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com  - Memperingati 9 tahun Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), sebanyak 30 pasangan ibu dan bayi serentak menyusui bersama. Aksi menyusui ini berlangsung sekitar 15 menit di sebuah ruangan tertutup rumah makan di Bandarlampung pada Minggu (24/4/2016).

Ketua AIMI Lampung Upi Fitriyati mengatakan, kegiatan yang digagas oleh AIMI serentak dilakukan pada 15 provinsi dan 26 kota.

"Momen menyusui ini, kami ingin mengajak kaum perempuan khusus ibu, siapapun dia apapun profesinya agar tetap menyusui bayinya demi generasi yang sehat," kata dia.

Dengan mengusung tema Sembilan yang diartikan serentak menyusui bersama ibu dan laktivis AIMI se-Indonesia.

Adapun kota-kota yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Utara. Jawa Timur (Surabaya, Malang), Jawa Tengah (Semarang, Solo, Purwekorto, Salatiga), Jawa Barat ( Bandung, Bekasi, Cirebon dan Depok), dan  Jogjakarta.

Kemudian Kalimantan Barat (Pontianak dan Ketapang), Kalimantan Timur (Samarinda, Balikpapan dan Bontang) dan Kalimantan Selatan (Banjarmasin) Serta Sulawesi Selatan (Makassar dan Sarowako).

Peserta yang hadir mengenakan pakaian hitam dan putih sebagai simbol tekad yang kuat kaum perempuan dalam menyelamatkan generasi.

"Peserta sebagian besar adalah mereka yang pernah terkendala dalam menyusui tetapi dengan tekad yang kuat akhirnya berhasil memberi ASI kepada bayinya," ucapnya.

Dengan terlaksana gerakan menyusui serentak ini diharapkan akan semakin banyak perempuan Indonesia khususnya kaum ibu yang memiliki wawasan tentang menyusui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com