Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walhi Sulsel Minta Menteri Susi Hentikan Reklamasi Pantai Losari

Kompas.com - 19/04/2016, 16:21 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulawesi Selatan meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghentikan pelaksanaan reklamasi Pantai Losari di Makassar.

Kepala Departemen Advokasi dan Kampanye Walhi Sulsel Muhammad Al Amin kepada Kompas.com, Selasa (19/4/2016) mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama DPR akhirnya bersepakat menghentikan aktivitas reklamasi di pantai utara Jakarta.

"Penghentian reklamasi seharusnya tidak hanya dilakukan di pantai utara Jakarta saja. Reklamasi pesisir barat Pantai Losari Makassar juga harus dihentikan. Pasalnya, aktivitas reklamasi dan izin pelaksanaan reklamasi yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo telah melanggar berbagai aturan perundang-undangan," katanya.

Al Amin menjelaskan, pelanggaran pertama kegiatan reklamasi di kawasan pesisir barat Pantai Losari Makassar tidak didasari oleh Peraturan Daerah tentang rencana wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K).

Selain itu, kegiatan reklamasi itu juga melanggar UU Nomor 1 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 27 tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

"Pelanggaran kedua terkait dengan izin pelaksanaan reklamasi untuk pembangunan kawasan Center Point of Indonesia (CPI) yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulsel juga tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Izin pelaksanaan reklamasi seharusnya berlandaskan pada peraturan zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Sementara Provinsi Sulawesi Selatan belum memiliki peraturan tersebut," tambahnya.

Kemudian, lanjut Al Amin, tidak ada rekomendasi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan sebelum izin pelaksanaan reklamasi diterbitkan oleh Gubernur Sulsel. Perlu diketahui bahwa CPI berada dalam kawasan strategis nasional sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

"Mengingat kisruh reklamasi Pantai Losari Makassar hingga saat ini masih terus bergulir. Maka kami berharap agar Menteri KKP, ibu Susi Pudjiastuti mengambil langkah yang sama, yakni menghentikan aktivitas reklamasi di pesisir barat Makassar, apalagi ekonomi nelayan di area pesisir Makassar juga ikut merosot akibat aktivitas reklamasi," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com