Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir dan Longsor di Pegunungan Arfak, 6 Orang Hilang

Kompas.com - 18/04/2016, 21:05 WIB
Laksono Hari Wiwoho

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras selama dua hari berturut-turut mengakibatkan banjir dan longsor di Kecamatan Minyambouw, Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu (17/4/2016) pukul 15.00 Wita. Akibat musibah itu, 6 orang dinyatakan hilang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers, Senin (18/4/2016), menyatakan, longsor menyebabkan akses jalan dari Manokwari ke Kabupaten Pegunungan Arfak terputus. Hal itu mengakibatkan seribu kepala keluarga di kecamatan tersebut terisolasi.

Sutopo mengatakan, BPBD Provinsi Papua Barat telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat beranggotakan tujuh orang untuk melakukan pendataan.

BPBD juga telah mengirimkan bantuan makanan siap saji 60 dus, 120 karton makanan kaleng (ransum), pakaian layak pakai, 46 tikar, 25 selimut, dan kebutuhan dasar lainnya.

"Alat berat dari dinas PU telah dikerahkan untuk mengatasi longsor. Namun, jumlahnya masih kurang. Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah alat berat untuk membersihkan material longsor dan meperbaiki akses jalan," kata Sutopo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com