Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Wajah Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara

Kompas.com - 06/04/2016, 13:54 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Terminal baru Bandara Husein Sastranegara telah resmi dibuka mulai hari ini, Rabu (6/4/2016). Bandara yang menelan biaya renovasi hingga Rp 174 miliar itu kini punya wajah baru.

Dari sisi desain, bandara tersebut kini terlihat lebih moderen dengan nuansa art gallery. Dengan mengusung tema 'Modern with Traditional Nuances Airport', pihak Angkasa Pura II selaku operator bandara menyajikan beberapa pertunjukan bernuansa etnik Sunda.

Pihak bandara menampilkan pertunjukan tari jaipong di beberapa sudut bandara. Seperti di sudut pintu keluar kedatangan penumpang. Hal itu disajikan guna memberi kesan berbeda bagi para wisatawan yang datang.

"Ini hiburan yang disediakan. Hiburan adanya Sabtu dan Minggu saja, ini ada karena hari pertama dibuka," ucap General Manager Angkasa Pura II Dorma Manalu saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Bandung, Rabu (6/4/2016).

(Baca juga: "Bandung Pisan" Jadi Tema Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara)

Tak hanya itu, kesan art gallery terlihat dengan banyaknya lukisan abstrak karya seniman Bandung yang dipajang dibeberapa dinding bandara. Di sudut lain, tampak puluhan gambar wajah warga Bandung yang sedang tersenyum yang merepresentasikan keramahan warga Bandung.

Dorma menambahkan, dengan adanya terminal baru Bandara Husein Sastranegara, luas bandara bertambah menjadi 17000 meter persegi. Bandara itu kini mampu menampung 2,4 juta penumpang tiap tahunnya.

"Harapannya, kunjungan makin bertambah kita juga makin untung. Ini simbiosis mutualisme. Kita ini seperti gerbang, kita ingin memberikan gerbang yang bagus untuk pemilik rumah," ucapnya.

Selain kental dengan nuansa seni, terminal baru Bandara Husein memiliki fasilitas tambahan seperti food court, tempat bermain anak, ruang istirahat, ruang pijat, fasilitas internet, ruang ibu dan anak. Dibukanya terminal baru bandara Husein, operator bandara pun telah menutup terminal lama untuk dilakukan renovasi serupa.

"Iya ini sepaket dengan renovasi terminal lama. Rencananya terminal lama akan digunakan untuk penerbangan mancanegara. Kita targetkan renovasi selesai selama enam bulan," ucapnya.

Perbaikan wajah Bandara Husein Sastranegara disambut positif para penumpang. Wiji Lestari, salah seorang penumpang, mengaku sangat terkesan dengan wajah baru bandara.

"Saya kaget minggu lalu saya ke sini, kaget karena biasanya berantakan banget. Secara tampilan jauh banget, di dalam lebih bagus, karena baru jadi harus adaptasi lagi," ucap wanita yang berprofesi sebagai dosen itu.

Meski begitu, dia berpendapat ada sejumlah kekurangan fasilitas bandara, seperti colokan listrik yang kurang banyak tersedia.

"Colokan listrik kurang, ya lumayan kan kita bisa bawa laptop sambil kerja. Tapi secara keseluruhan ini sudah jauh lebih baik dari yang dulu," ungkapnya.

 

Kompas TV Inilah Wajah Baru Bandara Husein
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com