Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Habiskan Rp 2 Miliar untuk Tas Eceng Gondok

Kompas.com - 05/04/2016, 15:57 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyiapkan oleh-oleh untuk peserta konferensi lingkungan hidup tingkat dunia yang akan digelar di Surabaya, Juli mendatang. Salah satunya adalah tas dari bahan tanaman enceng gondok.

Tas dari enceng gondok tersebut akan dijadikan satu dengan paket kenang-kenangan lainnya seperti makanan khas Surabaya dan atribut busana khas Surabaya.

"Untuk tas enceng gondok saja kita belanjakan sekitar Rp 2 miliar," kata Risma, Selasa (5/4/2016).

Ditunjuk menjadi tuan rumah konferensi lingkungan ketiga tingkat dunia atau Preparatory Committee (PrepCom) III UN Habitat, Risma ingin mengangkat nilai lokal kota Surabaya.

Risma mengatakan, kesempatan itu akan dijadikan ajang promosi Kota Surabaya di tingkat dunia. Selain tas enceng gondok, Risma juga mengumpulkan 193 Dadak Merak atau kepala Reog untuk masing-masing perwakilan negara peserta.

"Di masing-masing Dadak Merak diberi tulisan negara peserta. Nanti bisa untuk foto kenang-kenangan," ujarnya.

Risma juga akan mengajak para peserta keliling kampung Surabaya yang masing-masing memiliki nilai khas, seperti Kampung Nelayan Kenjeran, Kampung Lontong, Kampung Dinamo dan kampung Lawas.

Dalam konferensi yang digelar setiap 20 tahun sekali itu, selain membahas isu lingkungan, juga akan dibahas isu-isu strategis terkait perumahan, permukiman dan perkotaan, untuk menghasilkan suatu kesepakatan yang bersifat global.

Di dunia, konferensi tersebut masih dua kali digelar, yakni pada 1976 di Canada, dan pada 1996 di Istanbul, Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com