Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Maluku Siapkan SDM untuk Kelola Blok Masela

Kompas.com - 04/04/2016, 22:31 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Gubernur Maluku menyiapkan sumber daya manusia berkualitas di Maluku untuk pengelolaan Blok Gas Masela.

"Saya titip Gubernur, ini kan masih dibangun sekitar delapan tahun lagi. Jadi mestinya SDM-nya diambil oleh Maluku. Jangan sampai saya sudah maksa-maksa (dibangun) di darat seperti itu, tapi SDM-nya dari luar," kata Jokowi saat menyampaikan sambutannya dalam peresmian Jemabtan Merah Putih di Kota Ambon, Maluku, Senin (4/4/2016).

Jokowi menyatakan, tidak boleh ada alasan untuk tidak melibatkan warga setempat sebagai tenaga kerja dalam pengelolaan Blok Masela karena kekurangsiapan SDM lokal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Universitas Pattimura harus ikut memainkan peran dalam menyiapkan SDM yang andal dan menciptakan tenaga kerja profesional.

"Kalau belum ada ada fakultas teknik minyak dan geologi, harus disiapkan. Nanti empat-lima tahun sudah lulus, mereka (investor) siap, di sini juga siap," ujarnya.

Jokowi mengaku telah memerintahkan kepada menteri terkait agar Universitas Pattimura dan politeknik setempat segera membuka fakultas yang berhubungan dengan pengelolaan gas.

"Jadi dihitung sekali dari sekarang, kalau mereka butuh 1.000 (tenaga kerja), siapkan 2.000. Nanti pilih dengan seleksi yang baik," kata Kepala Negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com