Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djoko Suyanto: Menteri pada Era SBY Kompak

Kompas.com - 30/03/2016, 17:47 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Mantan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) era Kabinet Indonesia Bersatu Djoko Suyanto menyebut, para menteri di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono dikenal kompak dan kooperatif.

Djoko mengatakan, mereka (menteri) yang ditempatkan SBY sangat menguasai bidangnya masing-masing. Hal lainnya, para menteri juga saling menghormati.

"Secara kualitatif dan makro, situasi politik, hukum dan keamanan (polhukam) selama era SBY dapat dijaga dengan baik menyusul sinergi efektif antar-menteri," ucap Djoko di Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/3/2016).

Ia menambahkan, proses pengambilan keputusan juga berjalan efektif. Selain itu, komunikasi dengan media juga dilakukan terbuka.

“Tapi saya harus membatasi untuk tidak mengobral isu-isu yang ada,” katanya.

Lebih lanjut, tugas Menko Polhukam di era SBY membantu Presiden melaksanakan arah dan kebijakan serta strategi pemerintahan untuk menyukseskan pembangunan. Fungsinya lebih banyak di bagian koordinasi.

Terkait strategi dan kebijakan, SBY memang menyerahkannya pada kementerian teknis.

"Pada dasarnya Menko Polhukam bertugas mengkoordinir Kemendagri, Kemlu, Kemkumham, Kemkominfo, Kempan RB, Kejagung, Mabes TNI, Mabes Polri, BIN, Bakamla dan BNPT," tutur Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com