Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jangan Terlalu Stres Memikirkan Pelaksanaan UN"

Kompas.com - 29/03/2016, 15:42 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Sebanyak 8.814 pelajar SMA/SMK se-Pematangsiantar, Sumatera Utara, menggelar doa bersama di Lapangan Haji Adam Malik, Pematangsiantar, Selasa (29/3/2016). Doa bersama dilaksanakan menjelang pelaksanaan ujian nasional pada 4-7 April 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Pematangsiantar Resman Panjaitan mengatakan, ada 5.209 siswa SMA/MA dan 3.605 siswa SMK yang mengikuti kegiatan tersebut.

Doa bersama ini dipandu oleh empat rohaniawan dari agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, dan Buddha. Keempatnya memandu doa secara bergiliran.

Resman mengingatkan kepada para guru dan kepala sekolah untuk tidak mencoba-coba berlaku curang pada pelaksanaan UN tersebut.

Seluruh peserta UN wajib bekerja secara mandiri tanpa adanya intervensi dari guru atau pihak lain, sehingga hasil UN diharapkan objektif, jujur dan berintegritas sesuai ketentuan.

"Para guru dan kepala sekolah jangan mengarahkan siswanya ke jurang dengan memberikan bocoran jawaban yang bisa malah menyesatkan konsentrasi peserta didik. Biarkan mereka bekerja secara jujur, mandiri, serta terbiasa berkompetisi secara sehat sesuai dengan kemampuannya masing-masing," tegas Resman.

Ketua DPRD Pematangsiantar Eliakim Simanjuntak mengharapkan seluruh peserta UN bersikap tenang namun tetap mempersiapkan diri secara maksimal serta menjaga kesehatan.

"Jangan terlalu stres memikirkan pelaksanaan UN itu. Bersikaplah tenang seraya berdoa kepada Tuhan agar diberikan kesehatan, kekuatan dan kemampuan menghadapi UN. Karena yang diujikan, sudah pasti adik-adik ketahui sebab sudah tiga tahun dipelajari," katanya.

Dalam kegiatan itu, dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh seluruh kepala sekolah yang diwakili 6 kepala sekolah. Pakta ini berisi pernyataan sekolah dalam melaksanakan UN dengan jujur.

Kegiatan doa dirangkai dengan penyerahan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan hasil Olimpiade Sains tingkat SMA kepada 27 orang pemenang untuk sembilan bidang studi serta pemenang Try Out Pra UN kerja sama dengan penerbit Erlangga, untuk siswa SMA jurusan IPA dan IPS (12 orang) dan siswa SMK (6 orang) dan juga Juara Umum I, II dan III.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com