Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Semua Provinsi Kurang Suplai Listrik

Kompas.com - 24/03/2016, 13:39 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini hampir semua provinsi di Indonesia mengalami kekurangan suplai listrik.

Pasalnya, untuk membangun pembangkit listrik, membutuhkan waktu antara 3,5 tahun hingga 5 tahun tergantung sumber energi yang digunakan.

"Tidak hanya di wilayah Kalbar saja yang kekurangan listrik, semua provinsi saat ini mengalami kekurangan (suplai) listrik," kata Jokowi setelah meresmikan Jembatan Kapuas Tayan, Selasa (22/3/2016).

Saat ini, lanjut Jokowi, beberapa pembangkit listrik sedang dalam tahap pengerjaan. Pemerintah merencanakan suplai 35.000 megawatt listrik untuk seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Kalimantan Barat.

"Dalam perencanaannya, pemerintah merencanakan suplai 35.000 megawatt se-Indonesia, tapi yang sudah ditandatangani kontrak baru 17.500 megawatt," katanya.

Jokowi menambahkan, saat ini anggaran pemerintah untuk pembangunan infrastruktur naik sebanyak 76 persen dari sebelumnya.

Loncatan angka yang tinggi tersebut merupakan upaya pemerintah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di setiap daerah.

"Anggaran infrastruktur naik 76 persen dari sebelumnya. Total tahun ini Rp 313 Triliun se-Indonesia," ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com