Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Waduk Gondang, Kami Kerjakan Siang Malam Tiga "Shift"

Kompas.com - 11/03/2016, 16:39 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KARANGANYAR, KOMPAS.com — Presiden RI Joko Widodo mengunjungi proyek Waduk Gondang Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (11/3/2016) siang.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi berharap, pembangunan waduk dikebut siang malam dan ditargetkan sudah rampung akhir tahun 2017. Waduk Gondang Karanganyar berlokasi di Desa Gempolan, Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah.

Saat ini, proses pembangunannya sudah berjalan 24 persen, dan Jokowi berharap waduk tersebut selesai pada akhir tahun 2017, dan bisa mengairi lebih kurang 4.800 hektar sawah, baik yang berada di wilayah Karanganyar maupun Sragen.

"Sudah selesai 24 persen, dan kami harapkan (rampung) tahun depan akhir. Kami kerjakan siang malam tiga shift sudah selesai," kata Jokowi.

Dalam kunjungan singkat tersebut, Jokowi mengutarakan harapannya bahwa dengan banyaknya waduk yang dibangun, produktivitas pertanian meningkat sehingga Indonesia bisa melakukan swasembada beras secara konsisten.

Selain itu, waduk juga diharapkan bisa menjadi pengendali banjir di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah, dan sekitarnya.

"Kita harapkan, dengan selesainya waduk-waduk, artinya produksi akan meningkat, baik yang berkaitan dengan padi maupun produksi-produksi lainnya," kata Jokowi yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Karaganyar Juliyatmono.

Waduk Gondang dibangun dengan estimasi mampu menampung air 10 juta meter kubik dan memiliki pasokan air baku sebesar 200 liter per detik yang akan digunakan untuk budidaya perikanan dan pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com