Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Lampung, Jenazah Mgr Henri Disemayamkan di Katederal Tanjung Karang

Kompas.com - 11/03/2016, 09:54 WIB

Tim Redaksi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Jenazah Uskup Emeritus Mgr Andreas Suwijata Henrisoesanto tiba di Gereja Katederal Tanjung Karang, Jumat (11/3/2016) pukul 09.30.

Jenazah rencananya disemayamkan di sana hingga Minggu (13/3/2016).

Jenazah Mgr Andreas tiba di Lampung setelah diterbangkan dari Jakarta, Jumat pagi. Kendatangan jenazah Mgr Henri disambut Uskup Tanjung Karang Mgr Yohanes Harun Yuwono, sejumlah pastor, biarawati dan umat.

Dari pantauan Kompas, sejumlah umat sudah berkumpul di gereja sejak pagi. Sejumlah siswa sekolah bahkan sengaja datang untuk memberi penghormatan terakhir kepada imam yang pernah menggembalakan umat katolik di Lampung itu.

Mgr Henri meninggal saat menjalani perawatn di Rumah Sakit St. Carolus, Jakarta, sekitar pukul 14.20 WIB, Kamis (10/3/2016).

Vikaris Jenderal Kesukupan Tanjung Karang, Rm Yakobus Hari Prabowo menuturkan, Mgr Hendri meninggal karena gangguan saluran pernafasan.

"Ada dahak yang menyumbat saluran pernafasan. Kondisi itu diperarah dengan fisiknya yang sangat lemah, sehingga dahak tersebut harus selalu dikeluarkan dengan bantuan alat," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com