Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Mulyadi Imbau Warga Purwakarta Waspadai Longsor

Kompas.com - 09/03/2016, 22:16 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengimbau masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana longsor yang biasa terjadi pada musim hujan.

"Masyarakat harus waspada, karena sejumlah daerah Purwakarta masuk kategori rawan longsor," kata Bupati Dedi Mulyadi di Purwakarta, Rabu (9/3/2016).

Ia mengatakan, Purwakarta menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang rawan longsor. Ini dikarenakan secara umum daerah tersebut kondisi tanahnya labil dan rawan pergerakan tanah.

Di antara kecamatan di Purwakarta yang rawan longsor di antaranya Kecamatan Jatilihur, Tegalwaru, Sukatani, Maniis, Darangdan serta Kecamatan Plered.

Atas hal tersebut, ia mengimbau agar masyarakat mewaspadai ancaman bencana longsor, khususnya saat musim hujan seperti saat ini.

Bupati meminta agar pihak terkait mampu menghentikan aksi penebangan pohon secara liar, pertambangan dan galian-galian di daerahnya. Sebab penebangan liar, pertambangan dan galian itu ikut memicu terjadinya bencana longsor.

"Jadi mengapa saya meminta penebangan, galian dan tambang di Purwakarta itu ditutup, karena dampaknya akan berbahaya," kata Dedi.

Jika penebangan pohon secara liar, galian dan pertambangan di berbagai daerah sekitar Purwakarta dibiarkan, maka akan merugikan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com