Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga Poso Nikmati Gerhana Matahari Berdurasi 2 Menit 52 Detik

Kompas.com - 09/03/2016, 14:38 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com — Ribuan warga yang datang dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, memadati lokasi pemantauan gerhana matahari total (GMT) di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Rabu (9/3/2016).

Warga bersama keluarganya itu tidak hanya rela menunggu sejak pagi hari, mereka bahkan harus berjalan kaki akibat padatnya antrean kendaraan di jalur Trans-Sulawesi untuk menuju lokasi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, tidak jauh berbeda dengan 11 wilayah yang menjadi perlintasan GMT, Desa Kalora menjadi pusat pemantauan gerhana matahari dengan titik kordinat terbaik. Durasinya berkisar 2 menit 52 detik.

Saat momen GMT berlangsung, tepatnya pukul 08.30 Wita saat proses matahari mulai tertutup hingga kembali terang, ribuan warga yang telah menunggu langsung berdecak kagum.

Dalam suasana gelap gulita yang terjadi selama 2 menit 52 detik tersebut, ribuan warga, wisatawan lokal dan mancanegara yang ada di situ langsung mengabadikan kejadian tersebut dengan menggunakan kamera foto dan handphone.

Para peneliti dari Bosscha ITB, Lapan, dan Fotografer Rumah Kelima Bali, dalam peristiwa tersebut terlihat membagikan kacamata khusus kepada warga untuk menyaksikan GMT.

Warga juga bisa melihat gerhana melalui enam buah teropong pemantau yang sebelumnya telah disiapkan di lokasi.

Salah seorang warga, Lukman (35), mengaku sangat kagum dan terharu saat menyaksikan langsung GMT. Kejadian langka ini baru pertama kali dialami tersebut sehingga dia antusias dengan mengajak keluarganya.

"Ini merupakan pengalaman yang tidak pernah terlupakan," ucap Lukman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com