Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shalat Gerhana di Tengah Suasana Hari Suci Nyepi

Kompas.com - 09/03/2016, 07:50 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com — Umat Islam melaksanakan shalat gerhana di tengah suasana hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938 di Pulau Bali, Rabu (9/3/2016).

Di Masjid Nurul Huda Tuban, Badung, Bali, umat Islam datang ke masjid mulai pukul 08.15 Wita. Setelah shalat, mereka harus meninggalkan masjid, kecuali bagi yang bertugas menjaga masjid.

"Pelaksanaan shalat (gerhana) yang kita laksanakan di Masjid Nurul Huda ini dimulai pukul 08.27 Wita. Ini bentuk dari sunah Rasul," kata Ustaz Masjid Nurul Huda, Muhammad Anwar, Rabu pagi.

Anwar menjelaskan bahwa shalat gerhana di tengah perayaan Nyepi ini patut disyukuri. Pelaksanaan shalat gerhana itu tanpa pengeras suara.

"Terima kasih, ini bentuk toleransi umat beragama di mana kami diizinkan melaksanakan shalat di masjid-masjid terdekat. Yang datang ke masjid tidak boleh pakai kendaraan," ujarnya.

Pelaksanaan shalat gerhana di Masjid Nurul Huda Tuban Bali berjalan aman dan kondusif. Pecalang atau petugas keamanan adat Tuban melakukan penjagaan untuk memastikan pelaksanaan shalat berjalan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com