Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Bersiap Saksikan Gerhana Matahari Total di Pantai Tanjung Kelayang

Kompas.com - 09/03/2016, 06:12 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SIJUK, KOMPAS.com - Sejumlah pengamat dari berbagai kalangan telah bersiap untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari total di pinggir Pantai Tanjung Kelayang sejak, Rabu (9/3/2016), dini hari hingga pukul 04.00 WIB.

Pantauan Kompas.com, terlihat pengamat dari Stasiun Geofisika Klas III Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Tanjungpandan (BMKG) dan BMKG Jakarta di Pantai Tanjung Kelayang.

"Ini kita sedang mempersiapkan teropong bintang untuk pengamatan dan peralatan untuk streaming gerhana matahari," kata Tim Teknis GMT 2016 BMKG Jakarta, Puji kepada Kompas.com di Pantai Tanjung Kelayang, Rabu (9/3/2016) pagi.

Ia mengatakan, persiapan untuk melihat gerhana matahari telah mencapai 75 persen sebelum melakukan pengamatan.

"Kita timnya ada 6 orang. Kita siap melakukan pengamatan," katanya.

Masih di sekitar titik pengamatan gerhana matahari total BMKG, beberapa awak media eletronik juga terpantau telah bersiap untuk mengamati gerhana matahari total.

Sejumlah wisatawan juga terlihat telah bersiap untuk melihat gerhana matahari total di pinggir Pantai Tanjung Kelayang.

Gerhana Matahari Total di area Bangka Belitung akan melintasi jalur yakni Manggar, Tanjungpandan, Sijuk, Koba dan Toboali.

Gerhana matahari akan dimulai pada pukul 06.21 WIB, mengalami puncak gerhana matahari pada pukul 07.23 WIB, dan berakhir pada pukul 08.35 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com