Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kupang, Teropong Bareng Gerhana Matahari dari Kompleks Masjid

Kompas.com - 09/03/2016, 00:19 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kelas I Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan menyediakan sejumlah fasilitas kepada warga setempat untuk menyaksikan langsung puncak gerhana matahari sebagian 9 Maret 2016 esok.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Kupang Sumawan mengatakan, pihaknya telah menyediakan dua teropong dan dan tujuh buah kacamata untuk melihat gerhana matahari di kompleks Masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima, Kota Kupang.

"Selain itu, kita juga sudah pasang display dengan menggunakan proyektor agar masyarakat bisa menyaksikan bareng. Tadi kita sudah tes streaming dan bagus, lancar, dan sinyalnya stabil," kata Sumawan.

Di wilayah NTT, gerhana yang teramati berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,699 di sebelah Selatan pulau Rote hingga 0,799 di bagian utara Pulau Flores.

Adapun kota dengan magnitudo terbesar adalah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, dengan magnitudo 0,793.

Secara umum, gerhana di NTT akan dimulai pada pukul 07.27 Wita. Puncak gerhana terjadi pada pukul 08.35 Wita dan berakhir pada 09.51 Wita.

Durasi gerhana yang teramati di NTT rata-rata adalah 2 jam 27 menit dengan durasi terlama di Kota Kalabahi, Kabupaten Alor, yaitu 2 jam 31 menit 35,8 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com