Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Kapal Rafelia Tenggelam, Sejumlah Warga Berteriak Takbir

Kompas.com - 04/03/2016, 20:03 WIB
Farid Assifa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Detik-detik tenggelamnya kapal feri Rafeila yang tenggelam di perairan Ketapang, Jawa Timur pada Jumat (4/3/2016) direkam oleh seseorang dan diunggah di YouTube oleh akun bernama akun Mark Valentino.

Dalam tayangan video itu tampak kapal tersebut terlihat mulai miring. Sejumlah warga yang berada di pelabuhan tak jauh dari lokasi kapal tenggelam berteriak takbir dan istighfar.

Lambat laun, kapal yang berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali, menuju Ketapang, Jawa Timur itu tenggalam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, kapal feri Rafelia itu tenggelam di perairan dekat Pelabuhan Ketapang pada Jumat pukul 14.09 Wita.

Kapal tersebut mengangkut 71 penumpang dan kendaraan terdiri dari 4 unit truk pikap, 4 unit truk sedang, satu unit truk besar, dan 18 unit tronton.

Para penumpang sudah dievakuasi ke ruang tunggu ASDP, sedangkan awak kapal belum ditemukan.

Berdasarkan informasi, ada empat orang yang masih belum ditemukan, yaitu nahkoda, mualim 1, seorang ibu beserta seorang anak.

"Upaya pencarian masih terus dilakukan Basarnas, ASDP, Satpol Air, BPBD, TNI, Polri, relawan dan dibantu masyarakat," kata Sutopo melalui siaran pers, Jumat.

Kompas TV Evakuasi Kapal Tenggelam Masih Dilakukan


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com