Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Kantong Belanja Cantik di Bandung

Kompas.com - 21/02/2016, 17:33 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kebijakan kantong plastik berbayar mulai diberlakukan Minggu (21/2/2016) hari ini di beberapa daerah.

Salah satunya Kota Bandung. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usah kecil menengah (UKM). Bagaimana menciptakan kantong belanja tahan lama namun cantik untuk ditenteng kemanapun.

"Selama ini saya bergerak di kaus. Tapi begitu tahu kebijakan ini, saya iseng-iseng membuat desain kantong belanja," ujar Rika Amalia di Bandung, Minggu (21/2/2016).

Saat ini, Rika tidak membuat kantong belanja dalam jumlah besar. Ia mengerjakan sesuai pesanan yang datang. Desainnya bisa dari dirinya atau konsumen.

"Bagi sebagian orang, desain sangat penting. Kan ditenteng-tenteng tuh, biar enggak malu saat jalan," ucapnya.

Harga yang ditawarkan beragam, tergantung bahan dan desain. Harganya sendiri sedikit lebih mahal dibanding harga kantong belanja yang ada di pasaran.

"Rata-rata di atas Rp50.000, tergantung bahan juga," ucapnya.

Desain yang dibuatnya cukup unik. Bisa betupa kata-kata kepedulian terhadap lingkungan atau gambar-gambar lucu, abstrak, bahkan foto diri sendiri.

"Kalau kalimat pro lingkungan, bisa sekalian kampanye kan," ucapnya.

Ketika ditanya berapa omzetnya, ia bilang lumayan. Namun, ia tidak membuat produk massal untuk dimasukkan ke supermarket atau pasaran, karena keterbatasan SDM.

Dari penelusuran Kompas.com, kantong belanja yang ditawarkan beberapa supermarket di Bandung beragam. Ada yang berbentuk kantong berwarna hijau tanpa banyak aksen tulisan ataupun desain. Ada pula kantong belanja yang menggunakan bahan cukup tebal dengan desain cukup menarik.

Seperti kantong belanja yang ditawarkan Yogya. Kantong tersebut tidak berwarna hijau pada umumnya, tapi beberapa warna dengan tulisan menarik. Seperti "ecobag. my bag for life use it again & again make a difference re-use and save this is my bag re-use re-use recycle recycle".

Harga yang ditawarkan dari kantong belanja tersebut terjangkau, yakni Rp 19.900. Selain di supermarket, ada pula penjualan kantong belanja secara online. Model maupun desain yang ditawarkan beragam. Begitu pun dengan harga yang ditawarkan, sangat beragam.

"Aku kemarin beli online, harganya lumayan lebih mahal dibanding yang di supermarket. Mungkin karena barangnya impor," ungkap Leina.

Mahasiswi semester akhir ini mengaku tak masalah mengeluarkan uang lebih besar. Toh, kantong belanja yang dibelinya digunakan untuk berulang kali.

Bagi Anda yang masih bingung memilih kantong belanja, terdapat beberapa tempat yang menawarkan jasa pembuatan desain. Salah satunya di seputaran Gedung Sate Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com