Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo Minta Datangkan Psikiater untuk Pria yang Mengaku Nabi Isa

Kompas.com - 19/02/2016, 14:55 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengusulkan agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghadirkan psikiater untuk Jari (44), warga Kabupaten Jombang yang mengaku sebagai Nabi Isa dan menerima wahyu dari Tuhan.

"Sebelum berdebat soal akidah, lebih baik hadirkan dulu psikiater agar lebih jelas statusnya," kata Soekarwo saat ditemui seusai shalat Jumat di kantornya, Jumat (19/2/2016).

Kondisi psikologis warga Dusun Gempol, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, itu perlu dipastikan sebelum pembahasan dia melangkah lebih jauh, seperti memiliki banyak pengikut, atau dihakimi oleh kelompok masyarakat lainnya.

"Saya sudah usulkan ke MUI tadi usai shalat Jumat," ungkapnya.

Atas keyakinannya itu, Jari bahkan menantang MUI dan ulama untuk berdebat soal wahyu yang diterimanya. Jari mengklaim dirinya sebagai Isa Habibullah (Isa kekasih Allah).

Dari wahyu yang diterimanya terdapat dua kalimat syahadat dan ditambahi kata-kata Wa Isa Habibullah yang berarti "Isa Kekasih Allah". Dia menyebutkan bahwa gelar Isa Habibullah untuk membedakan antara Nabi Isa sebelum Nabi Muhammad SAW dan Nabi Isa yang turun kembali ke bumi sesudah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com