Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Malaysia Buka Cabang di Bandung

Kompas.com - 18/02/2016, 11:12 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Indonesia menjadi pangsa pasar potensial bagi negara-negara di ASEAN.

Dibukanya pasar bebas ASEAN atau dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memberikan peluang besar bagi negara lain membuka usahanya di Indonesia tidak terkecuali di Bandung.

Ketua Kadin Jawa Barat, Agung S Sutisno mengakui sudah ada perusahaan dari negara Malaysia yang membuka usahanya di kota Bandung.

"Ini pasar bebas, tidak bisa melarang mereka untuk membuka usahanya di Indonesia termasuk Bandung. Kalau memenuhi persyaratan, prosedur yah bisa saja," katanya di Kantor Kadin Jawa Barat, Rabu (17/2/2016).

Perusahaan Malaysia yang sudah membuka kantor di Bandung ini bergerak dalam bidang advertising.

Menurut dia, ketertarikan negara lain untuk membuka usaha karena biaya produksi lebih murah serta pangsa pasarnya masih terbuka luas.

"Terlebih masyarakat Bandung dan Jakarta dikenal cukup konsumtif. Jadi MEA ini jadi peluang mereka untuk membuka cabang (perusahanya) di Indonesia," katanya.

Meski begitu, pihaknya belum bisa mendata sudah berapa perusahaan atau pelaku usaha dari negara-negara di ASEAN yang sudah membuka usahanya di Jawa Barat khususnya Bandung.

Pihaknya hanya ingin pelaku usaha lokal tidak perlu khawatir untuk bersaing, justru harus melihat MEA sebagai peluang pasar.

"Kita juga bisa memasuki pasar di negara mereka, ini peluang," katanya. (Siti Fatimah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com