Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Kembang Api Meriahkan Imlek di Ambon

Kompas.com - 08/02/2016, 09:10 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Pesta kembang api mewarnai perayaan malam tahun baru Imlek 2567 di Kota Ambon, Senin (8/2/2015) dinihari. Pesta kembang api yang dimulai sekitar pukul 24.00 Wit itu dipusatkan di Jalan Anthoni Rebok, tepatnya di depan Gereja Hok Im Tong.

Ratusan warga etnis Tionghoa hadir dalam perayaan itu. Selain warga Tionghoa, warga etnis lainnya juga ikut menyaksikan pesta kembang api yang berlangsung selama hampir setengah jam itu.

Perayaan malam tahun baru Imlek ini juga mendapat pengawalan ketat dari puluhan aparat TNI/Polri bersenjata lengkap. Banyaknya warga yang ikut menyaksikan pesta kembang api di kawasan Jalan Anthoni Rebok membuat polisi terpaksa menutup jalan tersebut selama berlangsungnya perayaan pesta kembang api.

Pantauan di lapangan, selain pesta kembang api, warga etnis Thionghoa di Ambon ini juga bernyanyi sejumlah lagu sambil berjoget bersama. Suasana semakin semarak setelah ratusan warga saling menyalami satu sama lain dan memberikan selamat.

Ketua Majelis Hok Im Tong Ambon, Lim Loang Im mengatakan perayaan tahun baru Imlek ke 2567 harus dapat dijadikan sebagai momentum untuk dapat menjalin persaudaraan antarsesama umat beragama dan antaretnis di Maluku.

“Kita semua bersaudara dan kita semua ingin membangun Kota Ambon secara bersama-sama agar lebih maju lagi,”katanya.

“Perbedaan adalah karunia dari Tuhan dan menghargai perbedaan budaya dan etnis merupakan wujud kebinekaan kita,” kata Lin salah seorang warga lainnya (K54-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com