Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Tahun Baru China, Masjid Muhammad Cheng Ho Berhias Lampion

Kompas.com - 07/02/2016, 10:34 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Masjid Muhammad Cheng Ho, masjid yang didirikan komunitas muslim Tionghoa di Surabaya, dihiasi Lampion di langit-langit terasnya menjelang peringatan tahun baru China atau Imlek 2567.

Pemasangan Lampion tersebut menunjukkan solidaritas sesama etnis Tionghoa saat menyambut tahun baru Imlek.

Dari pantauan Kompas.com, lampu Lampion berwarna merah itu terpasang di langit-langit teras. Tidak banyak memang jumlahnya, namun Lampion tersebut menambah kental nuansa China pada masjid tersebut.

Ketua DPD Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya, Djoko Slamet, selaku pengelola Masjid Cheng Ho, mengaku memang tidak ada acara khusus yang digelar di masjid tersebut menjelang Imlek.

"Hanya kumpul-kumpul non-formal biasa menyambung persaudaraan saja," katanya, Minggu (7/2/2016).

Pemasangan Lampion itu kata Slamet hanya sebagai bentuk solidaritas antar sesama warga Tionghoa di Surabaya. "Meski beda keyakinan, kami saling menghormati dan menghargai," terangnya.

Masjid yang berlokasi di jalan Gading Surabaya itu didirikan sebagai bentuk eksistensi komunitas muslim Tionghoa di Surabaya.

Nama Cheng Ho adalah nama tokoh muslim Tionghoa yang terkenal sebagai seorang laksamana yang berlayar ke hampir penjuru dunia untuk membawa misi perdamaian dan toleransi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com