Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Disertai Angin Sebabkan "Black Out" di Sulselbar

Kompas.com - 19/01/2016, 21:04 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Akibat hujan deras disertai angin kencang dan petir mengakibatkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) mengalami pemadaman listrik meluas atau black out, Selasa (19/1/2016) siang.

Juru bicara PLN Wilayah Sulselbar Rosita Zulkarnaen mengatakan, hampir seluruh kabupaten di Sulselbar mengalami pemadaman aliran listrik.

Pemadaman aliran listrik secara meluas itu diakibatkan gangguan transmisi pada sistem Sulselbar.

"Gangguan tersebut terjadi bersamaan dengan hujan dan angin kencang disertai dengan petir yang begitu keras sehingga menyebabkan lepasnya beban sebesar 746 MW," kata Rosita.

"Dari indikasi yang ada, diduga gangguan berada di section transmisi 150 kV antara ruas Tallasa–Sungguminasa line 1 dan 2 menyebabkan Black Out yang diperkirakan akibat petir," tambah Rosita.

Rosita mengatakan, petugas PLN saat ini bekerja keras menormalkan kembali sistem interkoneksi Sulselbar. Dengan begitu, sebagian wilayah di Sulsel sudah kembali dialiri listrik.

"Mulai pemadaman sekitar pukul 14.00 Wita. Pada pukul 15.30 Wita, pemulihan sistem telah dilakukan secara bertahap dan sebagian pelanggan telah menyala yakni di Kabupaten Pinrang, Parepare, Enrekang dan Kota Makassar sebagian. Diperkirakan akan normal secara keseluruhan pada pukul 22.00 Wita," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com