Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Punya Pabrik Gula Paling Modern di Indonesia

Kompas.com - 13/01/2016, 19:22 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com — Menteri BUMN Rini M Soemarno, Rabu (13/1/2016), meninjau pembangunan pabrik gula di Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan bahwa pabrik gula Glenmore tersebut adalah pabrik gula termodern yang dimiliki BUMN.

"Awalnya pabrik ini akan beroperasi pada Agustus 2016, tapi karena pembangunannya di atas target terkait waktu maka penggilingan perdana akan dimajukan pada bulan Juli selepas Lebaran," ujar Rini.

Dia juga berharap setelah penggilingan pertama maka semua aktivitas di pabrik gula tersebut akan berjalan normal.

"Semoga nanti beberapa pabrik gula yang kita miliki bisa modern seperti Glenmore, termasuk juga parik gula di Asembagus, Semboro, dan Gempol Kerep," tambah Rini.

Rini menambahkan, hasil panen tebu di Banyuwangi bisa memasok kebutuhan beberapa pabrik gula terdekat, seperti di Asembagus yang tak jauh dari Banyuwangi.

"Kita harus bisa memproduksi gula rafinasi sehingga tidak lagi impor. Jadi tidak ada kebocoran yang katanya gula untuk makanan dan minuman juga digunakan untuk masyarakat. Hal ini juga mendorong agar pendapatan petani tebu juga semakin membaik," katanya.

Pabrik gula seluas 103 hektar di Kecamatan Glenmore tersebut bernilai Rp 1,5 triliun dan akan merekrut sekitar 10.000 pekerja baru.

Target penggilingan pada tahun pertama adalah 48.000 ton dan akan meningkat setiap tahun hingga 120.000 ton tebu dengan rata-rata target penggilingan sebanyak 6.000 ton per hari. (K82-13)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com