Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Awal Tahun, Aher Ajak Para Kadis "Blusukan" Susuri Jabar Selatan

Kompas.com - 02/01/2016, 19:36 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

PANGANDARAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan "blusukan" di kawasan Jawa Barat bagian selatan menyusuri jalan sepanjang ratusan kilometer di awal tahun 2016 ini.

Perjalanan dimulai sejak Jumat (1/1/2016) sampai Minggu, (3/1/2016).

Perjalanan dimulai dari Bandung menuju Kabupaten Pangandaran, Sabtu, (2/1/2015). Setelah itu, rombongan langsung bertolak ke Kabupaten Tasikmalaya dan dilanjutkan ke Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur dan berakhir di Kabupaten Sukabumi.

Para kepala dinas turut hadir menemani kegiatan blusukan pria yang akrab disapa Aher ini. Aher juga mengajak keluarganya.

"Di waktu liburan ini saya ajak para kepala dinas dan juga keluarga saya untuk menikmati keindahan alam di Jawa Barat bagian selatan ini. Di Pangandaran kita nikmati Pangandaran dan akan berakhir di Sukabumi menikmati keindahan Pantai Pelabuhan Ratu," kata Aher di Pangandaran, Sabtu, (2/1/2015).

Di sela-sela liburan itu, kegiatan kedinasan juga dilakukan. Aher turut memantau kondisi jalan di Jabar selatan yang kini keseluruhannya hampir rampung.

Adapun jarak tempuh dari Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Sukabumi mencapai kurang lebih 450 kilometer.

"Saya ingin pantau kondisi jalan di kawasan Jabar selatan ini. Dulu kan jalan ini dulunya rusak berat, sekarang setelah diperbaiki sebagian besarnya sudah bagus," kata Aher.

"Jalannya sudah ada yang beton, beberapa hotmix kategori bagus. Maka kami ingin nikmati jalan itu sekaligus ingin memantau perkembangan perawatannya," sambungnya.

Aher menjelaskan anggaran yang dipakai untuk perbaikan jalan ini sangat luar biasa. Bahkan lebih besar dibanding program lainnya.

"Jumlahnya triliunan yang dihabiskan," kata Aher.

Aher juga blusukan ke sejumlah tempat. Ia ingin mengetahui kondisi perekonomian masyarakat Jabar selatan di pedalaman sana yang dibilang tertinggal.

Berbagai sektor juga dilakukan peninjauan, seperti sektor pertanian, perkebunan, peternakan, infrastruktur, dan tentu pariwisatanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com