Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Ribuan Orang Mudik dari Bali ke Jawa

Kompas.com - 25/12/2015, 09:42 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Ketapang Banyuwangi menyiagakan 47 kapal yang terdiri dari 14 LCT dan 33 kapal jenis roro.

Hal itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari Jawa ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Ada enam dermaga yang sudah disiapkan untuk sandar kapal.

"Nanti waktu sandar kapal akan diperpendek untuk mengantisipasi antrian panjang yang terjadi sejak dua hari terakhir," kata Wahyudi Susianto, Manajer Operasional PT Indonesia Ferry ASDP Ketapang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/12/2015).

Hingga tanggal 24 Desember 2016, pihak ASDP Ketapang Banyuwangi telah memberangkatkan 31.739 penumpang, 1.961 unit kendaraan roda dua, dan 4.797 unit kendaraan roda empat.

"Untuk penumpang dari Banyuwangi ke Bali ada kenaikan 15 persen dibandingkan tahun kemarin," ujarnya.

Data penumpang yang masuk ke Pulau Jawa meningkat hinga 62 persen yaitu sebanyak 36.739 penumpang.

Sedangkan untuk roda dua, meningkat hingga 115 persen yaitu sebanyak 4.999 unit dan roda empat naik 44 persen sebanyak 4.730 unit kendaraan.

"Masyarakat yang masuk ke Pulau Jawa dari Bali memang lebih banyak karena mereka mudik bebarengan libur panjang," katanya.

Saat ini, pihaknya masih mengoperasikan 28 kapal, namun kapal lainnya akan tetap siaga untuk mengantisipasi arus balik pada tahun baru 2016.

"Kapal yang lain tetap akan siaga karena arus balik saat masuk sekolah dan juga Tahun baru karena banyak masyarakat yang akan menghabiskan tahun barunya di Bali," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com