Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Ada Polisi Berjilbab Bantu Jaga Natal, Ini Kebinekaan Sesungguhnya

Kompas.com - 25/12/2015, 01:12 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Para anggota jemaat gereja yang merayakan Natal di Kota Semarang, Jawa Tengah, mengaku mendapat keajaiban dari prosesi misa, Kamis (24/12/2015) malam. Anugerah itu tidak lain salah satunya karena mendapat kehormatan dikunjungi orang nomor satu di Jawa Tengah beserta rombongan.

Kepala Gereja Paroki Atmodirono Semarang, Romo Dwi Nugroho Sulistyo, mengatakan, perayaan misa Natal tahun 2015 berbeda dari perayaan biasanya.

"Ini malam yang luar biasa, malam keajaiban karena kita kedatangan tamu istimewa," ujar Dwi Nugroho, Kamis malam, dalam menyambut kedatangan rombongan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Jateng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba di gereja itu Kamis pukul 21.00 WIB. Setelah berbincang sejenak dengan pengurus gereja, ia lantas dipersilakan untuk memberikan ucapan selamat.

Ganjar tak banyak komentar saat berada di atas panggung. Tidak seperti biasanya, ia irit berbicara. Ia hanya mengucapkan selamat Natal dan berbahagia karena warga bisa merayakan Natal dalam keadaan aman dan kondusif.

"Saya sudah berkeliling sejak sore, lengkap, sudah berjalan ke beberapa gereja," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan bahwa perayaan Natal di Jateng dalam kondisi terkendali.

Ia menyanjung partisipasi dari warga yang tidak merayakan Natal untuk ikut membantu kelancaran acara. Dia kemudian merujuk pada anggota polisi wanita bernama Henni. Polwan berhijab itu kemudian disalami dan diberi hormat oleh Ganjar.

"Ada ibu polisi yang pakai jilbab bantu jaga. Ini menunjukkan kebinekaan yang sesungguhnya di negara ini," kata Ganjar seusai meninggalkan lokasi gereja.

"Apalagi ada perayaan Natal, ada perayaan Maulid Nabi. Ini sangat menggembirakan," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com