Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap Ruang Guru dan Kelas Sebuah SD di Probolinggo Ambruk

Kompas.com - 20/12/2015, 19:16 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Sejumlah murid dan guru SD Tamansari, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, lolos dari maut setelah atap dua ruangan ambruk.

Ambruknya atap yang terbuat dari galvalum tersebut mendapatkan sorotan dari anggota Komisi D DPRD Kabupaten Probolinggo Amin Haddar.

Dia meminta seluruh sekolah mengecek kondisi bangunan, karena dikhawatirkan ada potensi kerusakan yang mengancam.

"Dinas Pendidikan sudah melakukan pendataan kondisi gedung sekolah sejak perisitiwa ambruknya SD Jangur yang membuat 22 murid terluka beberapa waktu lalu. Yang berpotensi rusak, sebaiknya murid ditempatkan di tempat aman," kata Amin, Minggu (20/12/2015).

"Yang terlihat baik-baik saja, tolong dicek karena di SD Tamansari itu awalnya terlihat baik-baik saja. Anggaran untuk perbaikan gedung sudah ada dalam APBD 2016," tambah dia.

Sebelumnya, atap ruang guru dan kelas VI SD Tamansari ambruk, Sabtu (19/12/2015). Tak ada korban dalam peristiwa itu lantaran para murid sudah pulang usai menerima rapor.

Sebelum kejadian, di ruang guru terdapat empat orang guru yang sedang beraktivitas. Namun, saat ruangannya ambruk, semua guru berhasil menyelamatkan diri.

Menurut Kepala Tata Usaha SD Tamansari Bagus, sekolah itu baru dibangun pada 2009 dan layak pakai.

Sebelum kejadian juga tak terdapat tanda-tanda bahwa bangunan itu akan ambruk. Dia menduga atap ambruk karena tak mampu menahan beban akibat hujan deras beberapa hari belakangan.

"Di sini ada 80 murid dan 10 orang guru. Kami harap segera dilakukan perbaikan, mumpung sekolah libur beberapa hari, usai ujian dan liburan Natal," kata Bagus.

Sementara itu, Kantor Cabang Dispendik Kraksaan berjanji akan segera melakukan perbaikan ruangan tersebut sesegera mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com