Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat T-50i Sempat Lakukan Manuver "Loop" Sebelum Jatuh

Kompas.com - 20/12/2015, 11:25 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Sebuah pesawat jet tempur jenis T-50i Golden Eagle milik TNI-AU jatuh dan terbakar saat melakukan demonstrasi udara di acara Gebyar Dirgantara, di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Saksi mata di tempat kejadian mengatakan, pesawat T-50i Golden Eagle milik TNI-AU menukik dan jatuh setelah melakukan manuver loop (melingkar ke atas).

"Kami semua lagi foto-foto, habis slow speed pass, dia melakukan manuver loop, tetapi habis itu nukik, terus enggak naik-naik," kata pengunjung Gebyar Dirgantara, Wirayuda, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/12/2015).

Yuda mengaku melihat peristiwa tersebut dari depan hangar Skuadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto Yogyakarta sekitar pukul 11.00 WIB.

Setelah jet tempur buatan Korean Aerospace Industries (KAI) itu jatuh, Yuda mengatakan, atmosfer pameran dirgantara pertama yang digelar di Yogyakarta itu langsung berubah.

"Pengunjung jadi lesu, pada duduk-duduk. Namun, panitia mengumumkan, acara tetap jalan," kata Yuda.

Gebyar Dirgantara adalah pameran dirgantara yang diadakan di Yogyakarta pada 19-20 Desember 2015. Salah satu atraksi yang menarik dalam acara tersebut adalah flypass sejumlah pesawat tempur yang dimiliki TNI-AU, termasuk T-50i.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com