Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNP2TKI Luncurkan Sentra Usaha Bahari TKI Purna di Serang

Kompas.com - 18/12/2015, 16:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) terus memberikan pendampingan usaha bagi para TKI purna, terutama di kabupaten Serang, Banten. Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya sentra usaha bahari TKI Purna di Kecamatan Tirtayasa, Serang.

Sentra usaha itu sudah diresmikan oleh Deputi Perlindungan, Lisna Y. Poeloengan, didampingi Direktur Pemberdayaan, Arini Rahyuwati, Kepala BP3TKI Serang, Bambang Herawan dan Bupati Serang yang diwakili oleh Kadisnaker kabupaten Serang, Abdullah, Rabu (16/12/2015) lalu.

Pemerintah Kabupaten Serang mengapresiasi adanya upaya tersebut. Menurut Abdullah, Tirtayasa merupakan salah satu kantong TKI di Kabupaten Serang selain Kecamatan Pontang dan Tanara.

"Serang memiliki pengangguran terbuka yang relatif tinggi, dan saat ini cara jitu mengatasi pengangguran ialah dengan pemberdayaan masyarakat dan TKI Purna di bidang kewirausahaan yang didukung oleh pemerintah kabupaten," ujar Abdullah, Jumat (18/12/2015).

Lewat upaya pendampingan wirausaha tersebut usaha yang berkembang saat ini adalah kuliner bahari, seperti olahan udang, bandeng, rumput laut serta batik khas Tirtayasa.

"Diharapkan TKI Purna yang telah kembali bekerja dari luar negeri setelah kembali ke tanah air dapat membuka usaha," ujar Deputi Perlindungan, Lisna Y. Poeloengan.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com