Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kecamatan di Aceh Utara Rawan Dijadikan Ladang Ganja

Kompas.com - 15/12/2015, 12:41 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak tiga kecamatan di Aceh Utara rawan dijadikan ladang ganja. Ketiga kecamatan itu yakni Kecamatan Sawang, Nisam, dan Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

Kepala Satuan Narkoba Polres Lhokseumawe, AKP Sofyan, Selasa (15/12/2015) menyebutkan polisi mendeteksi ketiga kecamatan itu kerap ditanami ganja oleh kelompok pengedar dan bandar narkoba.

“Bahkan di Kecamatan Sawang pernah kami temukan berhektar-hektar ladang ganja. Ditanami di daerah pengunungan yang aksesnya sangat sulit dijangkau,” ujar AKP Sofyan.

Dia juga menjelaskan, sepanjang tahun ini, polisi menangani 70 kasus tindak pidana penyalagunaan narkoba. “70 kasus itu dari ekstasi, sabu-sabu dan ganja. Pelakunya dari pemakai, pengedar hingga bandar,” ujar dia.

Sofyan mengaku sangat khawatir karena narkoba sudah merambah pelajar di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. “Bahkan, terakhir kali ada pengedar ganja ditangkap di Tanjung Pura, Sumatera Utara itu berasal dari Kecamatan Sawang Aceh Utara. Dan dia masih SMA,” ungkap Sofyan.

Dia lalu berharap peran aktif masyarakat untuk mencegah peredaran narkoba di lingkungan masing-masing.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk terus membantu polisi memberantas tindak pidana narkoba. “Laporkan jika melihat ada orang yang mencurigakan bertransaksi narkoba. Sehingga, polisi bisa segera menangkapnya,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com