Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Tenang, Gambar Risma dan Rasiyo Tersebar di Bungkus Sarung dan Makanan

Kompas.com - 08/12/2015, 10:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Dua hari menjelang pemungutan suara pemilihan Wali Kota Surabaya, atau Senin (7/12/2015) malam, aksi yang patut diduga kampanye terselubung terjadi di sejumlah tempat.

Kampanye dilakukan melalui media barang yang dibagikan kepada warga calon pemilih.

Di Kecamatan Kutisari, tim pemenangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana menemukan aksi pembagian sarung. Di dalam bungkus sarung terdapat selebaran gambar pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Sebaliknya, di Kelurahan Kapasan, Kecamatan Genteng, tim Rasiyo-Lucy menemukan tempat makanan yang ditempeli stiker Risma-Whisnu.

Tempat makanan tersebut dibagi kepada para lansia, dan merupakan program Dinas Sosial Kota Surabaya.

Saat dikonfirmasi, kedua pasangan tim sama-sama membantah melakukan aksi kampanye melalui media pembagian barang di masa tenang.

"Kami sudah berkomitmen untuk tidak melanggar aturan kampanye, apalagi memanfaatkan media kegiatan Pemerintah," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono, Selasa (8/12/2015) pagi.

"Bisa saja itu dari pihak lain yang sengaja melakukan kampanye hitam," kata dia.

Hal senada juga diungkap anggota tim pemenangan Rasiyo-Lucy, Zainul Arifin. Menurut dia, aksi pembagian barang saat hari tenang adalah model kampanye lama yang sudah tidak layak dipakai.

"Saya khawatir, ini adalah upaya provokasi murahan untuk menjatuhkan pasangan kami," kata dia.

Ketua Panwas Kota Surabaya, Wahyu Hariadi mengaku sudah mendapatkan laporan aksi tersebut dan akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com