Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pendakian Merapi Ditutup hingga Akhir November

Kompas.com - 03/11/2015, 15:11 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-sejumlah kebakaran hutan di lereng Gunung Merapi, jalur pendakian dan aktivitas di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) ditutup.

Penutupan jalur pendakian dan aktivitas dimulai pada tanggal 2 November 2015 sampai dengan 30 November 2015 mendatang.

"Benar, jalur pendakian Merapi untuk sementara ditutup mulai 2 November sampai 30 November," ucap Tri Atmojo, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), saat dihubungi, Selasa (3/11/2015).

Dia menuturkan, penutupan ini karena beberapa kali terjadi kebakaran di wilayah hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) sehingga untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa jalur pendakian ditutup.

"Kemarin minggu saja saat kebakaran ada sekitar 250 orang pendaki yang kami turunkan. Jadi demi keselamatan jalur kita tutup," tegasnya.

Selain jalur pendakian, lanjut Tri, kegiatan bermalam di dalam kawasan TNGM dilarang.

"Aktivitas, baik camping atau yang sifatnya bermalam di kawasan TNGM, untuk sementara tidak diperbolehkan. Ini semua demi keselamatan baik manusia maupun ekosistem Merapi," tandasnya.

Menurut dia, pihak TNGM akan menerjunkan petugas untuk mengawasi jalur masuk pendakian serta kawasan hutan agar benar-benar bersih dari aktivitas.

"Akan ada petugas yang mengawasi agar benar-benar clear dari pendakian dan aktivitas yang sifatnya bermalam," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com