Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harimau Sumatera Dikurung di "Kandang Ayam", Komitmen Menteri Siti Dipertanyakan

Kompas.com - 22/10/2015, 11:36 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dinilai melupakan komitmennya untuk melindungi satwa langka.

Menteri Siti juga dinilai telah mengabaikan visi misi Pemerintah Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang berkomitmen melindungi flora dan fauna yang terancam punah.

Pernyataan ini terkait dengan nasib tragis yang menimpa Elsa dan Giring, dua harimau Sumatera yang hingga kini masih terkurung di dalam kandang yang lebih mirip kandang ayam.

Elsa dan Giring telah berada hampir tujuh bulan di dalam kandang berukuran 3 meter x 1,5 meter di Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu.

Akibat dikurung di dalam kandang kecil, Giring kini berada dalam perawatan tim medis karena tubuhnya dipenuhi luka.

Luka tersebut terjadi karena tubuh Giring sering bergesekan dengan kandang besi.

Menurut Investigator Senior Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group Marison Guciano, perlakuan yang dialami Elsa dan Giring sungguh teramat tragis.

Dua Harimau Sumatera yang tercatat dalam Appendix I CITES yaitu spesies yang terancam punah diperlakukan seperti seonggok barang rongsokan yang tidak berguna.

Bila tak segera dipindah ke kandang yang lebih layak, Elsa dan Giring diperkirakan segera mati.

“Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla berkomitmen melindungi flora dan fauna yang terancam punah, khususnya yang tercatat dalam Appendix I CITES ada 86 jenis dan Appendix II 1549 jenis," kata Marison, Kamis (22/10/2015).

"Harimau Sumatera termasuk dalam Appendix I CITES. Kami menagih komitmen Pemerintahan Jokowi-JK untuk melindungi satwa langka,” tutur Marison lagi.

Marison mengatakan, Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group telah mengirimkan surat kepada Menteri LHK beberapa waktu lalu agar segera memindahkan Elsa dan Giring. Namun, hingga saat ini belum ada respons dari Menteri LHK.

Kasus Elsa dan Giring bahkan menarik perhatian dunia internasional. Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asal Inggris yang bernama Nature Alert mengecam perlakuan itu.

Sebelumnya, Giring ditangkap BKSDA karena memangsa petani karet di Kabupaten Seluma beberapa bulan lalu.

Baca: Harimau yang Makan Manusia Dikurung di Tempat Mirip Kandang Ayam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com