Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kecamatan dan Puluhan Desa di Aceh Terendam Banjir

Kompas.com - 28/09/2015, 15:10 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Sebanyak puluhan desa di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Senin (28/9/2015) terendam banjir. Penyebabnya, Krueng (sungai) Keureutoe dan Peuto di Aceh Utara meluap.

Ketiga kecamatan itu yakni Kecamatan Pirak Timu, Matangkuli dan Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara dengan ketinggian air sekitar 1 sampai 1,5 meter.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, desa yang terendam banjir terletak di Kecamatan Pirak Timu yaitu Desa Rayeuk Pange, Alue Bungkoh, Pange, Reungkam, Bungong, Matang Keh dan Desa Keutapang.

Sementara itu, di Kecamatan Matang Kuli, desa yang terendam yaitu Desa Hagu, Alue Tho, Keude Ceubrek, Siren, Lawang, Tanjong Babah Krueng, Tanjong Haji Muda, Meuria, Tanjong Tgk Ali, Tumpok Barat, Alue Entok, Teungoh, Seuleumak, Meunsah Jok dan Desa Keude Matangkuli. Kecamatan Lhoksukon yang terendam yaitu Desa Dayah, Beuringen, KM empat, Kilometer Lima, Kilometer Enam, dan Desa Kilometer Tujuh.

Sejumlah instansi pemerintah seperti halaman Puskesmas Matangkuli, Puskesmas Lhoksukon dan UPTD Dinas Pendidikan Matangkuli juga terendam banjir.

Salah seorang warga Matangkuli, Usman Nur meminta Pemerintah Aceh Utara menyusun program serius untuk mengatsi banjir di kecamatan tersebut sehingga ketika sungai meluap bisa teratasi dengan baik.

“Jangan sampai setiap musim hujan selalu saja banjir. Dalam setahun kami melewati banjir sebanyak 18 sampai 24 kali,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com