Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkai Mirip Gurita Raksasa Ditemukan di Pulau Hatta pada Bulan Juni

Kompas.com - 14/09/2015, 16:53 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Kepala Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Kadir Sarilan mengungkapkan bahwa penemuan makhluk mirip gurita raksasa yang terdampar di perairan Pulau Hatta, Kecamatan Banda, benar adanya. Namun, kejadian itu telah terjadi sejak bulan Juni 2015, bukan pada pekan lalu seperti dituturkan warga dalam berita Gurita Raksasa Terdampar di Pulau Hatta Kepulauan Banda.

“Itu benar ada makhluk seperti gurita, tapi lebih mirip anjing laut yang terdampar di Perairan Pulau Hatta. Tapi, itu sudah dari bulan Juni lalu,” kata Kadir saat dihubungi dari Ambon, Senin (14/9/2015).

Dia mengungkapkan, penemuan bangkai makhluk mirip anjing laut itu pertama kali ditemukan oleh warga setempat bernama La Isi. Menurut dia, saat ditemukan, bangkai makhluk tersebut telah mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

“Saksi mata yang pertama kali melihat bangkai itu namanya Bapak La Isi, kemudian bangkai yang terdampar itu membuat geger warga di Pulau Hatta, tapi itu sudah dari bulan Juni,” katanya.

Dia juga membenarkan bahwa bangkai makhluk mirip anjing laut itu sangat besar, tetapi di bagian kepala makhluk tersebut telah tidak ada lagi saat itu.

”Karena bau, warga kemudian membawa bangkai tersebut ke belakang pulau,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Hatta Sudar Raharusun, salah seorang warga Desa Pulau Hatta, mengatakan bahwa bangkai yang ditemukan di perairan desanya itu lebih mirip cumi raksasa. Dia juga mengaku bahwa video penemuan mahluk yang beredar luas di media sosial tersebut benar adanya.

“Benar kejadian itu ada di sini, tapi sudah beberapa bulan lalu. Makhluk yang terdampar itu lebih mirip sontong (cumi), tapi juga seperti gurita,” kata Sudar via telepon selulernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com