Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Termuda UGM Ini Ingin Buka Klinik Gratis

Kompas.com - 19/08/2015, 19:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Aldo Meyolla Geraldino, mahasiswa termuda Universitas Gajah Mada (UGM) yang tercatat sebagai peserta didik di Fakultas Kedokteran Aldo Meyolla Geraldino memiliki cita-cita yang mulia. Remaja berusia 14 tahun tujuh bulan ini ingin membuka klinik gratis bagi orang-orang tak mampu.

"Suatu saat ketika saya sudah menjadi dokter, orang yang tidak mampu gratis berobat," ucap Aldo ketika ditemui di kampusnya, Rabu (19/8/2015).

Aldo mengungkapkan, cita-citanya itu muncul setelah dia banyak melihat banyak orang tak mampu yang kesulitan untuk berobat. Dari situlah, Aldo pun berpikir bahwa profesi dokter bukan hanya untuk mencari uang, namun juga untuk pengabdian.

"Kan banyak yang tidak bisa berobat karena tidak ada uang. Besok berobat di tempat saya gratis," tegas Aldo.  (Baca: Usia 14 Tahun, Aldo Kini Kuliah di Fakultas Kedokteran UGM)

Ketika Aldo bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di UGM, Ganjar berpesan agar kelak dia lebih mengutamakan "mengobati dulu". "Jangan mengutamakan uang khususnya bagi orang tidak mampu. Itu pertama saya bertemu Pak Ganjar. Dia pesan, saat jadi dokter kalau ada orang, tidak punya ya diobati dulu, jangan mikir punya uang atau tidak," tegas dia.

Dia mengaku sangat mengagumi sosok Ganjar Pranowo. Ia bahkan ingin mencontoh sosok idolanya itu, menjadi pemimpin yang baik. "Kalau besok jadi kepala rumah sakit, saya ingin seperti Pak Ganjar. Baik terhadap bawahan dan masyarakat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com