Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarak Pandang Jalintim Palembang-Ogan Ilir Hanya Satu Meter

Kompas.com - 18/08/2015, 08:51 WIB
Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Penulis

OGAN ILIR, KOMPAS.com - Jarak pandang di jalan lintas timur (jalintim) Sumatera ruas Palembang-Ogan Ilir Sumatera Selatan, tepatnya di kilo meter 19 hanya sejauh satu meter pada Senin sore kemarin (17/8/2015). 

Kabut asap tebal sisa  dari kebakaran lahan gambut disisi jalintim menutupi jalan, sehingga membuat pandangan pengendara kendaraan roda empat maupun roda dua menjadi terbatas.

Kendaraan roda empat maupun roda terlihat menyalakan lampu saat melintas. Sesekali mereka memberi tanda dengan membunyikan klakson, hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan yang melintas dari arah sebaliknya. 

Asap tebal juga membuat mata pedih dan napas sesak. Pengendara kendaraan khususnya roda dua harus menutup hidung dengan masker serta merapatkan helm agar asap tidak mengganggu hidung dan mata.

Asap tebal yang menutupi jalan berasal dari kebakaran lahan gambut di sisi jalintim. Sebuah rumah papan yang di depannya berkibar bendera merah putih pun terlihat samar.

Diketahui kebakaran lahan di wilayah Ogan IIir sempat mereda karena hujan yang turun.  Namun setelah hujan tidak lagi turun beberapa hari ini membuat lahan gambut dan semak belukar menjadi kering, sehinggga kebakaran lahan terjadi lagi seperti kemarin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com