Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Pimpin Upacara HUT Ke-70 RI di Bawah Laut Ambon

Kompas.com - 17/08/2015, 13:36 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Upacara peringatan HUT proklamasi kemerdekaan ke-70 RI di bawah laut juga dilakukan di Kota Ambon, Senin (17/8/2015). Upacara ini bertempat di kawasan Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe Ambon.

Upacara dipimpin langsung oleh Gubernur Maluku Said Assagaf dan diikuti ratusan penyelam dari prajurit Marinir maupun dari penyelam lokal di Kota Ambon. Sebelumnya, Said juga bertindak sebagai inspektur upacara saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Merdeka Ambon pada senin pagi tadi.

Upacara yang berlangsung di bawah laut Ambon ini disaksikan ribuan warga dari berbagai penjuru di Kota Ambon. Selain Gubernur, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Doni Monardo dan sejumlah pejabat lainnya juga ikut dalam upacara tersebut.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih ini berlangsung di kedalaman 14 meter di bawah laut. Menurut Said, upacara di bawah laut itu merupakan pengalaman pertama baginya selama menjadi Gubernur Maluku.

“Ini pengalaman pertama bagi saya. Dan pada HUT proklamasi tahun depan saya akan belajar untuk terjun, jadi semuanya harus dicoba,” kata Said.

Linda, salah seorang warga mengatakan, dia dan sejumlah anggota keluarganya rela datang berdesak-desakan di kawasan pantai tersebut untuk menyaksikan serunya upacara HUT Proklamasi di laut.

“Karena selama ini kan baru pertama kali dilakukan di laut jadi kami ke sini pingin lihat saja, ternyata memang seru banyak warga yang datang juga,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com