Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Atribut PKI di Karnaval, Bupati Akan Klarifikasi ke Presiden Jokowi

Kompas.com - 16/08/2015, 13:17 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Achmad Syafii, berencana mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo. Surat itu berisi klarifikasi mengenai pemakaian atribut Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam karnaval memperingati HUT ke-70 RI yang digelar di Pamekasan, Sabtu (15/8/2015) kemarin.

Menurut Syafii, kalrifikasi penting dilakukan agar tidak terjadi pemahaman yang parsial. Kegiatan karnaval kemarin itu murni perlombaan bagi setiap peserta, sehingga setiap peserta akan tampil maksimal.

"Surat akan dikirim besok oleh kurir kepada Presiden RI, Panglima TNI, Kepala Polri, Kepala Kejaksaan Agung, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur, Panglima Kodam V Brawijaya," kata Achmad Syafii, dalam keterangan persnya, Minggu (16/5/2015).

Syafii menjelaskan, panitia karnaval sudah dimintai penjelasan serta sudah dimintai keterangan oleh Polres Pamekasan dan Kodim 0826 Pamekasan. Hasil dari pemeriksaan disimpulkan bahwa tidak ada niat dan unsur kesengajaan untuk menampilkan atribut PKI. Selain itu, tidak ada gerakan politis yang mengarah kepada provokasi untuk membangkitkan PKI.

"Polres dan Kodim belum menemukan adanya pelanggaran hukum dalam peristiwa ini," imbuhnya.

Kejadian ini, kata politisi Partai Demokrat ini, menjadi pelajaran agar ke depan harus lebih berhati-hati. Atas nama Pemkab Pamekasan, pihaknya menyampaikan permohonan maaf demi menjaga keamanan dan stabilitas serta kebersamaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com