Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Merah Putih Raksasa Akan Dikibarkan di Lokasi Deklarasi GAM

Kompas.com - 15/08/2015, 19:36 WIB
Kontributor Lhokseumawe, Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Jajaran Korem 011 Lilawangsa memastikan akan mengibarkan bendera Merah Putih raksasa di bekas tempat deklarasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Gunong Halimon, Pidie pada 17 Agustus 2015. Upacara HUT ke-70 Republik Indonesia untuk Korem 011 Lilawangsa direncanakan di lokasi tersebut.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 011 Lilawangsa Mayor Inf Nasrun kepada Kompas.com, Sabtu (15/12/2015) menyebutkan jajarannya bersama masyarakat akan mengibarkan bendera di puncak gunung tersebut.

"Ukuran benderanya 18 x 12 meter. Sangat besar itu. Rencana upacara akan dipimpin Danrem 011 Lilawangsa yang baru Kolonel Inf Dedi Agus Purwanto," kata Nasrun.

Saat ditanya apakah akan melibatkan mantan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ikut dalam upacara itu, Nasrun menjelaskan bahwa pihaknya tidak melihat mantan GAM atau bukan.

"Namun kami memastikan bahwa ada masyarakat yang ikut upacara. Namun, saya belum dapat berapa ratus peserta upacara itu nanti," ujarnya.

Jajaran Korem akan bertolak dari Lhokseumawe ke Pidie, Minggu (16/8/2015). "Sekarang sedang disiapkan d imana lokasi menginap dan lain-lain. Kita harap pelaksanaan upacara di atas bukit ini tidak ada kendala apa pun," ucap dia.

Untuk diketahui mantan Wali Nanggroe GAM, Almarhum Muhammad Hasan Ditiro mendeklarasikan GAM di Gunong Halimon, pada tahun 1976 lalu.

Dari situ, Hasan Tiro membangun gerakan GAM dan berakhir melalui perjanjian damai di Helsinki pada tahun 2005.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com