Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Jusuf Kalla Buka Simposium Internasional MK

Kompas.com - 15/08/2015, 11:22 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka simposium internasional Mahkamah Konstitusi, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (15/8/2015). Acara ini digelar dalam rangka HUT ke-12 MK RI dan dihadiri oleh delegasi dari 17 negara di kawasan Asia, Eropa dan Afrika.

"Hari ini akan dibahas tentang constitutional complaint," kata Kalla saat memberi sambutan dalam acara pembukaan simposium tersebut. Simposium internasional MK akan digelar pada 15-16 Agustus di Hotel Fairmont, Jakarta.

Para peserta simposium ini adalah para pimpinan MK atau lembaga sejenis dari 17 negara. Acara akan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama mengangkat tema pembicaraan mengenai pengaduan konstitusional sebagai instrumen perlindungan hak dasar warga negara, sesi kedua akan mengangkat tema perspektif komparatif pengaduan konstitusional, serta sesi ketiga akan membahas masalah dan tantangan dalam penanganan kasus pengaduan konstitusional.

Selama ini, MK Republik Indonesia belum memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa pengaduan konstitusional. Meski demikian, telah banyak permohonan perkara yang diajukan masyarakat ke MK RI.

Ketua MK Arief Hidayat menuturkan, simposium ini diharapkan akan memunculkan kajian produktif terkait pengaduan konstitusional. Negara lain yang menjadi peserta simposium ini diharapkan memberikan perspektif baru yang dapat diadopsi oleh MK RI.

"Kehadiran delegasi dari 17 negara itu menjadikan simposium ini sabagai ajang sharing, bertukar pendapat sekaligus menjawab tantangan hak konstitusi di masing-masing negara," ucap Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com